SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2012)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI MTS

Yenni ,- (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kusnandi ,- (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji kemampuan pemahaman dan penalaran matematis santri melalui metode kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT). Kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design ini melibatkan sampel salah satu Madrasah Tsanawiyah berbasis pesantren di Tangerang. Analisis statistik menggunakan uji Lilliefors, uji Levene’s, dan independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman dan penalaran kelas yang diberikan perlakuan lebih baik dari pada kelas yang mendapat pembelajaran biasa, Namun, pada kelas putra tidak berbeda secara signifikan untuk kemampuan penalaran matematisnya. Sedangkan pada analisis gain, kemampuan pemahaman dan penalaran matematis kelas putra dan kelas putri yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berbeda secara signifikan. Abstract: This study discuss the student’s mathematics cognitive ability through the cooperative method of Teams-Games-Tournaments (TGT). This quasi experiment with pretest-postest control group design involves one of pesantren based Islamic school in Tangerang as the sample. The data were analyzed using lilliefors test, Levene’s test, and independent samples t-test. The research showed improvement the ability of the experiment-class which is better than control-class. But, male class did not show any significant difference in term of their mathematical reasoning ability. Otherwise in gain analysis, the mathematical reasoning and understanding ability between male and female class who get cooperative learning TGT type did not show any significant difference.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...