cover
Contact Name
Dadang Juandi
Contact Email
dadang.juandi@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
sigmadidaktika@upi.edu
Editorial Address
Ruang Publikasi, Lantai 3, Gedung FPMIPA A (JICA), Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154 Jawa Barat - Indonesia.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 22527435     EISSN : 29873894     DOI : -
Core Subject : Education,
Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. Dalam satu volume terdapat dua nomor berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan atau pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
Articles 83 Documents
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, DAN MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP DI MASA PANDEMI Siti Maryam Rohimah; Dadang Juandi; Yullys Helsa
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v10i1.48511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) terhadap productive disposition siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas VII SMP di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dari angket productive disposition dengan 24 pernyataan dengan 7 indikator untuk variabel (X) productive disposition dan untuk (Y) tes akhir STEM. Data dikumpulkan dari berbagai sumber yaitu dari hasil tes, angket productive disposition, wawancara, dan rekaman video selama pembelajaran. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kedua variabel normal dan linear, dilanjutkan dengan menggunakan uji F. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran STEM terhadap productive disposition dengan nilai konstanta regresi linear sederhana adalah 33,268. Model persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y=33,268+0,780X. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran STEM terhadap productive disposition siswa SMP di masa pandemi sebesar 44,6%. 
DOES THE STUDY PROGRAM AFFECT THE KIND OF MULTIPLE INTELLIGENCES? rani sugiarni
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v9i1.53647

Abstract

Gardner divides into Everyone has 8 types of intelligence, namely linguistic, logical-mathematical, musical, kinesthetic, spatial, interpersonal, intrapersonal, and naturalistic intelligence. Each individual has 8 types of intelligence, but depending on which type is the most dominant. The purpose of this study is to find out how the influence of taking a study program during the period a student runs his lectures on the type of multiple intelligences possessed by each student who acts as a respondent in this study. The method used by the researcher is descriptive quantitative and uses a cross-sectional design with 32 subjects. Inclusion criteria: students who are willing to take part in the research. Each respondent was asked to fill out a questionnaire about multiple intelligences that had been provided by the researcher. Most of the respondents are 19 years old (40%) and (62.5%) respondents have continuity between the study program and the type of multiple intelligence they have. Respondents with study programs that are not sustainable with the type of intelligence they have (37.5%), there are facts which state that the study program significantly affects the type of multiple intelligences.
Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individulaization berbantuan handout Serli Marliani; Nurul Astuty Yensy; Effie Efrida Muchlis; Celsy Yulia Sari
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023): July
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v11i2.55128

Abstract

The background of this research is the low learning outcomes of students' mathematics because the tendency of students to read and understand the material in printed books is still low and teachers still apply one-way learning interactions so that students tend to be passive. Thus, the purpose of this research is to improve students' mathematics learning outcomes by applying the Team Assisted Individualization type cooperative learning model with the help of Handouts. The type of research that will be applied is Classroom Action Research (CAR) which consists of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted in 3 cycles. Data was collected by means of learning outcomes tests. The subject and place of the research was SMA Negeri 03 Bengkulu Tengah in class XI IPA K with 23 students consisting of 18 girls and 5 boys. From the results of the research and discussion, it was concluded that learning outcomes increased with the practice questions made in a structured manner and with the correction process students were able to understand the material. The percentage of complete learning outcomes classically from cycle 1 to cycle 3 is 65.21% in the first cycle, 78.260% in the second cycle and 86.04% in the third cycle, which means that in each cycle learning outcomes increase.
Pendekatan M-apos untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Arsinah Rokhaeni
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v4i1.31979

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pendekatan M-APOS. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran M-APOS. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian kelompok kontrol non ekuivalen yang melibatkan 80 siswa kelas X SMA negeri di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan awal matematis (KAM), tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan lembar observasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t, uji ANOVA satu jalur, dan uji scheffe. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis secara keseluruhan maupun berdasarkan kategori KAM (tinggi, sedang, rendah) siswa pada kelas PM-APOS lebih baik daripada siswa kelas PK dan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelas PM-APOS. Abstract. The research was grounded by the results of previous research which showed that students’ mathematical creative thinking ability is not as expected. One of learning approach for enhancing  mathematical creative thinking ability is M-APOS learning approach. This study examines the enhancement of students’ mathematical creative thinking ability through the application of M-APOS learning approach. Through a quasi experiment with non-equivalent control group design involved 80 ten-grade students from a senior high school in the city of Cimahi. Instrument of the study consist of a set of mathematical prior ability (MPA) test, a set of mathematical creative thinking ability test, and observation. Data are analyzed by using t-test, one-way ANOVA, and Scheffe test. The study finds that the enhancement of students’ mathematical creative thinking ability who get PM-APOS is better than those who get conventional learning approach viewed from whole students and all MPA (upper, middle, lower levels) group students and there are differences enhancements of students’ mathematical creative thinking ability who get PM-APOS.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA Edy Saputra; Wahyudin ,-; Elah Nurlaelah
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v1i1.49407

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksprimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling dari delapan kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes kemampuan komunikasi, skala Self-Concept, bahan ajar berupa LKS komunikasi matematis dan non-tes (lembar observasi). Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok Anchored Instruction dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji statistik kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 16 For Windows dan Microsoft Excel 2007 untuk menginterpretasikan kemampuan komunikasi matematis siswa serta Self-Concept siswa terhadap pembelajaran dengan model Anchored Instruction. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang  memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Self-Concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori sedang; (4) Peningkatan self-concept siswa tentang matematika yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self-Concept siswa tentang matematika. Penggunaan model Anchored Instruction dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept siswa menjadi lebih baik, secara kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Anchored Instruction dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Abstract: The aim of this research was to comprehend the differences of self concept and mathematical communication ability among students who were taught by using Anchored Instruction teaching model and students who were taught by using conventional one.This research was a quasi experimental study with pre-post test control group as the research design. The population of this research was all students of grade 10th of SMAN 3 BNA with two classes as samples (experiment and control groups) which were taken through random sampling technique of eight parallel classes. The data collection was done by using two kinds of instruments; test and non test instruments. Test included communication ability, self concept scale, teaching material of anchored instruction of student worksheet, and non test (observation sheets). To find the differences of students’ ability between anchored instruction group and conventional group, t-test with significant level of 0, 05 was used. From the data and statistic analysis,  results then were analyzed by using SPSS 16 For Windows and Microsoft Excel 2007 to interpret the students’ mathematical communication ability and self concept toward Anchored instruction teaching model. Based on the research result, it was found that 1) the mathematical communication ability of the students who were taught by using Anchored Instruction teaching model was better than those who were taught by using conventional teaching approach. 2) Self concept of students who were taught by using Anchored Instruction teaching model was better than those of who were taught by using conventional teaching approach. 3) The improvement of mathematical communication ability of students who were taught by using Anchored Instruction teaching model was better than those of who were taught by using conventional one which was in medium level. 4) The improvement of self concept of students who were taught by using Anchored Instruction teaching model was better than those of students who were taught by using conventional group which was in low level. 5) There was correlation between students’ mathematical communication ability and self concept about mathematics. The using of Anchored Instruction in teaching had been proven that could influence the mathematical communication ability and self concept of students become better in quality. There was a significant difference between students who were taught by using Anchored Instruction teaching model and students who were taught by using conventional approach.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CORE Puji Nurfauziah; Bana G. Kartasasmita
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v1i2.49433

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model CORE dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretes and postes control group design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematis, skala self-efficacy, dan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs. Assa’idiyyah Cipanas-Cianjur dengan sampel penelitian siswa kelas VII MTs. Assa’idiyyah Cipanas-Cianjur Propinsi Jawa Barat. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, yaitu terhadap data pretes dan postes kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy, sedangkan untuk mengetahui perbedaan peningkatan antara  kedua kelompok sampel menggunakan uji perbedaan rerata. Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self-efficacy menggunakan uji korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dengan kualifikasi peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model CORE tergolong ke dalam kualifikasi sedang. Hasil skala self-efficacy menunjukkan bahwa self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dengan kualifikasi peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model CORE tergolong ke dalam kualifikasi sedang. Untuk hubungan  antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy  terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self-efficacy yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE. Abstract: The effect this research is subject to be study distinctive mathematical connection ability step-up and self efficacy  student that get learning by use of model CORE and student that get learning with conventional learning. This observational design is pretest and postest control is design's group.  Experiment class get learning by use of model CORE  and conventional learning gaining control class. To get observational result data utilized by instrument as essays mathematical connection ability, scale self efficacy , and observation sheet. This observational population is MTs's student. Assa’ idiyyah Cipanas Cianjur with students observational sample braze VII MTs. Assa’ idiyyah Cipanas Cianjur West Java Province. Analysis is data was done by ala quantitative, which is to pretest's data and postest is mathematical connection ability and self efficacy, meanwhile to know the difference step-up among group second sample utilizes to test distinctive average. To know relationship among mathematical connection ability student and self efficacy utilizing correlation quiz Pearson product moment. Result observationaling to point out that mathematical connection ability step-up student which get learning by use of model CORE better than student that get conventional learning, with qualification mathematical connection ability step-up student which get learning with model CORE comes under into qualification be.  Scale result self efficacy  point out that self efficacy  student that get learning by use of model CORE better than self efficacy  student that get conventional learning, with qualification step-up self efficacy student that get learning with model CORE comes under into qualification be. For relationship among mathematical connection ability and self efficacy available correlation among mathematical connection ability student and self efficacy one that get learning by using model CORE.
ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA DALAM PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER Sari Herlina; Ratu Sarah Fauziah Iskandar; Veni Saputri; Sarah Inayah
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v8i1.48432

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis hasil dari persepsi mahasiswa dalam pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender. Peneliatian yang dilakukan merupakan penelitian survey. Populasinya adalah mahasiswa di Universitas Islam Riau yang pernah belajar matematika dan pernah menggunakan media digital. Berdasarkan hasil sebaran angket diperoleh sampel sebanyak 151. Pengambilan sampel menggunakan sampel purposive atau sampel pertimbangan. Instrumennya adalah angket keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika.  Data-data dikumpulkan melalui google-form terdiri lima aspek yaitu literasi informasi, literasi komputer, literasi media, literasi visual dan komunikasi, literasi teknologi. Teknik analisis data dengan menganalisis setiap aspek dari keterampilan literasi digital berdasarkan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital perempuan lebih tinggi dari laki-laki dalam pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran matemtika. Hasil analisis setiap aspek pada perempuan aspek literasi informasi, literasi komputer, literasi visual dan komunikasi lebih baik dari laki-laki.
DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI HONG KONG SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN PENDEKATAN MASALAH Ratu Sarah Fauziah Iskandar; Sari Herlina; Endang Istiqomah
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v9i1.48419

Abstract

Banyaknya Pekerja Kerja Indonesia (PMI) di Hongkong yang berpendidikan minimal dan belum memenuhi wajib belajar 12 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi dengan pembelajaran pendekatan masalah bagi PMI di Hong Kong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa tes sebanyak 15 soal. Persentase siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 23 siswa atau sekitar 36,5%, dan 40 siswa atau sekitar 63,5% yang memperoleh nilai di bawah rata-rata, hal ini berarti sebagian besar tingkat literasi numerasi peserta didik masih rendah. Bentuk desain penelitian yang dipilih adalah uji-t satu sampel. Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah sampel memiliki nilai rata-rata yang berbeda dengan rata-rata referensi. Berdasarkan perhitungan uji-t satu sampel, nilai rata-rata literasi numerik 63 siswa adalah 58,73, ini lebih kecil dari nilai rata-rata ketuntasan siswa 60. Nilai Sig.2-tailed adalah 0,001 yang berarti lebih kecil dari nilai dari = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerima H0, maka terdapat perbedaan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa.
PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU Devi Yunita; Effie Efrida Muchlis; Dewi Rahimah; Nanda Lorenza
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023): January
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v11i1.55117

Abstract

Mathematics learning in schools more often uses the lecture method and does not provide opportunities for students to construct their knowledge. In learning, students tend to be passive in receiving material from the teacher because students only memorize formulas instead of understanding them so that students' interest in learning mathematics is low. This resulted in the low learning outcomes of students' mathematics. This study aims to determine how to apply the guided discovery method so that there is an increase in students' learning activities and mathematics outcomes. This type of research is classroom action research (CAR) with data collection techniques through student activity observation sheets and learning outcomes tests. The research subjects were all students of class VIIIG SMPN 2 Bengkulu City. The results showed that the application of the guided discovery method could improve students' learning activities and mathematics outcomes. The increase in activity and student learning outcomes can be seen from the increase in the average score of two observers where in the first cycle, namely 27 (sufficient criteria), the second cycle increased to 39 (good criteria), and the third cycle increased again to 46.5 (good criteria). Meanwhile, the increase in student learning outcomes can be seen from the increase in the average score of students from cycle I to cycle III, namely: 73.3; 79.1; and 85.81 with the percentage of classical learning completeness from cycle I to cycle III, namely: 52.78%; 72.22%; and 94.44%.
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP Nunu Nurhayati
SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/sigmadidaktika.v4i1.31972

Abstract

Abstrak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak/pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berdesain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN di Bandung yang berasal dari level sekolah sedang. Banyak sampel 76 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Instrumen penelitian terdiri dari satu set tes kemampuan komunikasi matematis, satu set skala disposisi matematis, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t, ANOVA satu jalur dan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antar kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap KAM (tinggi, sedang, rendah); (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Abstract. The main purpose of this study is to determine the impact of learning mathematics with Reciprocal Teaching approach towardthe increase enhancement of mathematical communication and disposition ability in junior secondary school students. The method employed in this research is quasi experiment by using pretest-posttest control design. Population of this research is all junior secondary school students from middle level school in Bandung. The number of the samples is 76 students distributed into two classes. Research instrument consists of one set of mathematical communication tests, and one set of mathematical disposition scale, observation sheets and interview guide. Data analysis in this study uses Independent Samples Test (t-test), one-way ANOVA and two-way ANOVA. The results are: (1) increasing mathematical communication and dispositionability students who obtain Reciprocal Teaching learning is better than that of students who obtain konvensional learning; (2) There is significant difference student’s mathematical communication ability who obtain Reciprocal Teaching learning toward student’s prior abilities (upper, middle and lower); (3) There is an interaction between learning approaches and student’s prior abilities toward increasing the ability of mathematical communication.