SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2013)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN STRATEGI FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC)

Dian Anggraeni (Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Utari Sumarmo (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kusnandi ,- (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2013

Abstract

Abstrak Makalah ini melaporkan temuan satu eksperimen dengan disain pretest-postest dengan kelompok kontrol dan menerapkan pendekatan kontekstual dan strategi formulate-share-listen-create (FSLC). Untuk menelaah kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa SMK. Subyek penelitian ini adalah  80 siswa dari SMK program keahlian pemasaran di  Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis serta disposisi matematis. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010, penelitian menemukan: Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual dan strategi formulate-share-listen-create (FSLC) lebih baik daripada Pencapaian dan peningkatan kemampuan siswa kelas konvensional.  Penelitian juga menemukan adanya asosiasi sedang antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, dan siswa pada kelas pendekatan kontekstual dan strategi formulate-share-listen-create (FSLC) menunjukkan disposisi matematis yang positif. Abstract This paper reports the findings from an experimental prettest-posttest control group design by using contextual approach and formulate-share-listen-create (FSLC) strategy to investigate students’ mathematical understanding and communication abilities.The study involved  80 grade-11 students of SMK of marketing field program in Bandung. The instrumens of this study are mathematical undestanding test, mathematical communication test, and mathematical disposistion scale. By using SPSS 16.0 and Microsoft Excel 2010, the study found the  contextual approach and formulate-share-listen-create (FSLC) strategy  was able to improve students’ mathematical understanding and mathematical communication abilities better than that of conventional approach. In general students’ mathematical understanding and communication abilities were classified as mediocore. Furthermore, the study found there is medium association between mathematical understanding and mathematical communication abilities, and students performed positive disposition on mathematics.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...