SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH

Asiatul Mutaaliah (Unknown)
Elsa Komala (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang belajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan macromedia flash dan untuk mengetahui bagaiman sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Cianjur tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 58 siswa yang berasal dari dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran menggunakan model CPS berbantuan macromedia flash dan kelas VIII-A memperoleh pembelajaran CPS. Berdasarkan hasil penghitungan Uji Non-Parametrik Mann-Whitney U dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah  matematis siswa SMP melalui model pembelajaran CPS berbantuan macromedia flash lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan pembelajaran CPS dengan kategori tinggi. Sikap siswa terhadap pembelajaran dengn model CPS berbantuan macromedia flash  pada umunya adalah positif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...