Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang belajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan macromedia flash dan untuk mengetahui bagaiman sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Cianjur tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 58 siswa yang berasal dari dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran menggunakan model CPS berbantuan macromedia flash dan kelas VIII-A memperoleh pembelajaran CPS. Berdasarkan hasil penghitungan Uji Non-Parametrik Mann-Whitney U dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model pembelajaran CPS berbantuan macromedia flash lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan pembelajaran CPS dengan kategori tinggi. Sikap siswa terhadap pembelajaran dengn model CPS berbantuan macromedia flash pada umunya adalah positif.
Copyrights © 2020