SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2015)

Group Investigation Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa

Horas P. Sidauruk (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik yang memperoleh pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-ekuivale control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA salah satu SMA Negeri di Bandung dengan mengambil dua kelas (eksperimen dan kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Pembelajaran group investigation berbantuan peta konsep terbukti dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik lebih baik daripada pembelajaran biasa. Abstract. This study aims to improve the ability of mathematical connections that obtain group investigation aided learning mind map. This research is experimental research design with non-equivalent control-group design. The population in this study were all one class XI Science high schools in Bandung by taking two classes (experimental and control). The results showed that (1) The ability of students receiving mathematical connection group investigation aided learning mind map better than students who received regular lessons (2) Increasing the ability of students receiving mathematical connection group investigation aided learning mind map better than students who received learning usual. Group investigation aided learning mind map shown to improve the ability of mathematical connection better than the usual learning.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...