SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2015)

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Lia Amalia Nurina (SMK NEGERI 1 Lhokseumawe)
Jozua Sabandar (Unknown)
Elah Nurlaelah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is a Teacher Here terhadap peningkatan dan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri Bandung. Adapun sampelnya terdiri dari 34 siswa kelas ETH (kelompok eksperimen) dan 34 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, Mann-Whitney test, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajan aktif tipe ETH lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajan aktif tipe ETH lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional . Abstract. The aims of this research are intended to examine the effect of active learning strategy with Everyone is a teacher here type, toward the increase and achievement of  student’s mathematical understanding ability. The research utilized a quasi experimental design. The population in this research are students of grade eight from one junior high school in Bandung. As concern, the sample comprised of 34 students in ETH class (experiment group) and 34 students in conventional class (control group). The research problem are to improve mathematical understanding ability. The quantitative analysis is used independent sample t-test, Mann-Whitney test, while qualitative analysis is used descriptive one. The result shows better increasing mathematical understanding ability by active learning strategy with ETH type than by conventional teaching, student’s, and the achievement of mathematical understanding ability by active learning strategy with ETH type than by conventional teaching, student’s.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...