SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2021)

Investigasi Karakteristik Berpikir Matematis Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Non Rutin

Aiyub Aiyub (Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Dalam makalah ini, kami melaporkan temuan dari sebuah studi kasus yang berusaha untuk mengidentifikasi karakteristik Berpikir Matematis Kritis (BMK) siswa dalam menyelesaikan masalah matematis non rutin. Karakteristik BMK awalnya dihasilkan dari sintesis literatur penelitian yang relevan dan di validasi menggunakan metodologi studi kasus terhadap siswa kelas 8 di salah satu SMP di Banda Aceh.  Makalah ini memberikan kerangka kerja untuk BMK yang disintesis dari literatur dan studi kasus dari seorang siswa untuk memberikan bukti tentatif bahwa penggunaan kemampuan BMK oleh siswa dapat diidentifikasi. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi potensi untuk mempromosikan kemampuan BMK siswa dengan cara yang ditargetkan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...