SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 2 (2023): July

Kemampuan penalaran geometri siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri

Anwar Anwar (Universitas Samudra)
Saiman Saiman (Unknown)
Sofyan Sofyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Penalaran geometri merupakan salah satu aktivitas penting dari berpikir geometri, sehingga seseorang membutuhkannya dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran geometri siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri. Subjek yang dipilih merupakan 2 siswa kelas IX SMPN 19 Percontohan Banda Aceh yaitu seorang siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan seorang siswa yang berkemampuan matematika sedang. Analisis dilakukan berdasarkan data hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data penelitian yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan  matematika tinggi dapat menunjukkan setiap indikator penalaran geometri, sedangkan siswa yang berkemampuan matematika sedang hanya dapat menunjukkan beberapa indikator penalaran geometri yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menyusun bukti dan memberikan alasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...