Kemampuan siswa dalam merepresentasikan pemikiran mereka dalam menjawab soal matematika melalui representasi visual, simbolik, dan verbal dijelaskan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri dan pengukuran dilihat dari gaya kognitif field dependent dan field independent, dengan subjek penelitian terdiri dari 13 siswa kelas VIII dan 16 siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Tuntang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan gaya kognitif diklasifikasikan dengan menggunakan instrumen tes standar GEFT pada 6 subjek terpilih. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu menggunakan representasi simbolik dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu menggunakan tiga indikator representasi matematis, yaitu representasi gambar, simbolik, dan verbal, untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara mereka sendiri.
Copyrights © 2023