Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran think talk write dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Studi ini bersifat kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa salah satu MTs swasta di kabupaten Garut, dan sampelnya terdiri dari dua kelompok siswa yang berasal dari dua kelas yang dipilih secara purposif. Kelomok pertama sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan berupa pembelajaran think talk write, sedangkan kelompok kedua sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional seperti biasa. Instrumen yang diberikan kepada kedua kelas tersebut terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis (pretest dan posttest). Hipotesis yang diajukan diuji dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Abstract. This research was conducted due to the low level of MTs students’ mathematical critical thinking. This research aimed to know the improvement of mathematical critical thinking ability among students who got think talk write learning and students who got conventional learning. This study was quasi experimental. The population in this research was MTs students of one private MTs at Garut distric, and the sample consist of two students group from two class which is choosed with purposive technique. First group as experimental class with think talk write learning treatment and second group as control class with conventional learning as usually. The Instrument was gave to those class consist of mathematical critical thinking ability test (pretest dan posttest). Hypothesis was submitted be examine with t-test. The result of this research showed that Think Talk Write learning could improve students’ critical thinking.
Copyrights © 2015