SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2012)

PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Khairun Nisa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Abstrak: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi siswa, dan mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran dengan strategi think-talk-write. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan populasi penelitian adalah siswa SMP dengan mengambil sampel siswa kelas VIII SMP Ibnu Sina Batam. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan strategi think-talk-write lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan dengan pembelajaran biasa dan siswa menunjukkan sikap positif terhadap matematika. Abstract: In general, this research is to improve communication skills, and to find out how students' attitudes toward learning by using think-talk-write strategies. This research method is a quasi experiment, with the study population of junior high school students. The class VIII student in Ibnu Sina Batam was taken as a sample. From the research results can be concluded that the students’ mathematical communication skills improved significantly. The students’ mathematical communication who learned using think-talk-write strategies was better than students who studied existing and current learning strategies, and students showed positive attitudes toward mathematics.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...