SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2022)

ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN R&D MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VOSVIEWER TAHUN 2017-2022

Sulistiawati - (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Surya Tangerang, Banten)
Eliva Sukma Cipta (Program Studi PGSD Universitas Islam Nusantara, Bandung, Jawa Barat)
Effie Efrida Muchlis (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Dewasa ini penggunaan metode RD model ADDIE dalam penelitian pendidikan, khususnya pembelajaran matematika telah berkembang pesat. Disisi lain, penggunaan metode penelitian dengan pendekatan bibliometrik juga semakin populer. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki: 1) bagaimana analisis kinerja (performance analysis) dari metrik terkait publikasi dan kutipan beserta trennya  dari studi “research and development model ADDIE in mathematics learning”, dan 2) bagaimana pemetaan ilmu pengetahuan dan analisis jaringan (science mapping and network analysis) terkait analisis kutipan, analisis mitra kepenulisan dan analisis mitra kata dari studi “research and development model ADDIE in mathematics learning”. Metode penelitian adalah  pendekatan bibliometrik menggunakan basis data Scopus dengan dua kata kunci pencarian yaitu “research AND development AND addie” dan “mathematics learning” “. Sebanyak 135 dokumen terkait dengan kedua kata kunci tersebut yang tersebar pada rentang tahun 2012-2022. Analisis data dilakukan secara analisis kinerja, pemetaan ilmu pengetahuan dan analisis jaringan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSviewer. Hasilnya diperoleh bahwa terdapat 118 publikasi terkait studi “research and development model ADDIE in mathematics learning” pada rentang tahun 2017-2022 dengan 290 kutipan (sitasi) yang fluktuatif. Terdapat kolaborasi internasional kepenulisan juga negara, seperti Indonesia, Malaysia, China, dan Nigeria dengan Indonesia sebagai negara yang paling berpengaruh. Bahasa yang digunakan pada penelitian seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris dengan mayoritas publikasi pada tahun 2019 hingga 2021. Penelitian tentang “research and development model ADDIE in mathematics learning” telah berkembang pesat di lima tahun terakhir, namun masih terdapat celah bagi kita untuk membuat penelitian baru sebagai pengembangan dari penelitian-penelitian sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...