SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2012)

PENINGKATAN LITERASI MATEMATIS LEVEL 3 SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN METACOGNITIVE GUIDANCE

Era Maryanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2012

Abstract

Abstrak: Literasi matematis merupakan kemampuan minimal yang seharusnya dimilki oleh siswa. Kemampuan tersebut lebih ditekankan kepada kemampuan siswa untuk dapat menggunakan pengetahuan matematis dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa khususnya literasi matematis level 3. Desain penelitian ini adalah nonequivalen control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di kota Lahat yang dipilih secara purposive Instrumen penelitian meliputi tes literasi matematis level 3 dan, bahan ajar, angket skala sikap dan observasi. Observasi pelaksanaan pembelajaran dengan ketentuan-ketentuan pendekatan metacognitive guidance. Observasi pelaksanaan pembelajaran dengan ketentuan-ketentuan pendekatan metacognitive guidance. Berdasarkan hasil analisis uji gain ternormalisasi (N-Gain) didapat peningkatan sebesar literasi matematis level 3 sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Berdasrkan hasil analisis uji beda dua rata-rata nilai N-Gain diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas konvensional dengan kelas yang mendapatkan pembelajaran metacognitive guidance.Abstract: Mathematical literacy is a minimum competence that must be mastered by students. This competence is student’s capability for using mathematical knowledge in the real-life tasks. The purpose of the study was to improve mathematical literacy especially mathematical literacy in the level 3. The research used nonequivalent control group design. Sample in this research are students in the eighth grade in one of junior high school in Lahat that be selected by using purposive sampling. Instrument that be used were mathematical literacy level 3, teaching materials, the teaching scale of attitude toward mathematics, and an observation guideline format. The observation of study is based on metacognitive guidance approaches. The result of analysis Normalized Gain (NGain) showed an increasing mathematical literacy avarege 0,47 which falls into the middle criteria. The result of analysis independent of two sample test N-Gain showed different in mathematical literacy between students in convensional and students in metacognitive guidance classes.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...