Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 1 (2023): Oktober

Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up 3D Pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas IV SDN 016529 Bp. Mandoge

Dwi Cahyani (Universitas Negeri Medan)
Naeklan Simbolon (Universitas Negeri Medan)
Risma Sitohang (Universitas Negeri Medan)
Erlinda Simanungkalit (Universitas Negeri Medan)
Apiek Gandamana (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Dwi Cahyani (1192111002). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran exploding box pop-up 3D yang layak digunakan dalam pembelajaran kelas IV Tema Pahlawaku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada pengembangan ini subjek uji coba yakni dosen FIP UNIMED sebagai ahli materi dan ahli media serta ahli praktisi pendidikan guru kelas IV SDN 016529 Bp. Mandoge Kab, Asahan untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan berisikan skor validasi setiap tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran exploding box pop-up 3D mendapatkan skor kelayakan penilaian mencapai 78%. Hasil uji kepraktisan dengan melihat respon peserta didik pada tabel 4.14 diketahui media pembelajaran exploding box pop-up 3D sangat layak dengan nilai 84,44% yang berarti media yang dikembangkan mudah untuk digunakan dalam pembelajaran kelas IV Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran exploding box pop-up 3D layak untuk pembelajaran kelas IV Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...