Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 6 SABANG DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Ramlah (Unknown)
Ainal Mardhiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Di SMP Negeri 6 Sabang kelas IX-2 mayoritas siswa sekitar 70% mengalami hasil belajar yang rendah pada materi fungsi kuadrat. Siswa tersebut kesulitan memahami dan menerima pemaparan guru karena berbagai sebab sepertiĀ : kurangnya minat, motivasi, dan kemampuan. Faktor-faktor tersebut mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa, sebagian besar berada di bawah standar KKM. Untuk meningkatkan hasil belajar materi fungsi kuadrat pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 6 Sabang tersebut, peneliti menggunakan aplikasi GeoGebra untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar. Teknik pengumpulan data siswa dalam penelitian ini adalah tes tulis, digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh dianalisa berupa nilai rata-rata jawaban pada lembar tes tulis dan prosentase tingkat ketuntasan siswa. Sebelum perbaikan, nilai rata-rata adalah 52,00, namun angka tersebut meningkat menjadi 63,25 pada siklus 1 dan 66,75 pada siklus 2. Selain itu, jumlah penguasaan materi pelajaran meningkat dari 6 siswa menjadi 14 siswa pada siklus 2, atau meningkat sebesar 40%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...