Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman
Vol 3 No 01 (2016): Januari - Juni 2016

PEMILIHAN PROFESI BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)

Hanafi Hanafi (IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan karakteristik Jenis-jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dan (2) untuk mendeskripsikan profesi yang sesuai dengan Jenis-jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Fokus penelitian ini adalah pemilihan profesi berdasarkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) yang dirinci menjadi dua subfokus, yaitu (1) Karakteristik Jenis-jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dan (2) Profesi yang sesuai dengan Jenis-jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligence).Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Data penelitian ini adalah teori dan konsep tentang pengertian kecerdasan, jenis-jenis kecerdasan, ciri-ciri setiap jenis kecerdasan, dan profesi dan karier yang sesuai dengan jenis-jenis kecerdasan. Adapun sumber data penelitian ini adalah buku, makalah, jurnal, dan artikel, serta laporan hasil penelitian yang relevan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Setiap jenis kecerdasan majemuk memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu kecerdasan dengan kecerdasan yang lain dan (2) Pemahaman terhadap karakteristik setiap jenis kecerdasan majemuk dapat mempermudah pemilihan dan penentuan masa depan profesi dan karier anak. Oleh karena itu, guru dan orang tua hendaknya dapat memahami karakteristik setiap jenis kecerdasan majemuk agar dapat mengarahkan masa depan profesi dan karier anak sejak dini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

saintifikaislamica

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

FOCUS : Religious Studies and Islamic Education SCOPE : Development of Democracy and Moderation of Islam in Indonesia Globalization and Contemporary Religious Social Phenomena Islamic spirituality, religious values, and local wisdom issues Islamic Education Evaluation, Policy and Curriculum Islam, ...