Jurnal Elemen Kimia
Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Mahasiswa Kimia FMIPA UNY

PENGARUH KONSENTRASI NaOH PADA SINTESIS BENZILIDENSIKLOHEKSANON MENGGUNAKAN METODE MICROWAVE ASSISTED OGRANIC SYNTHESIS (MAOS)

Nurani Diah Safitri (Unknown)
Sri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk sintesis senyawa benzilidensikloheksanondari benzaldehida dan sikloheksanon dengan katalis NaOH. Selain itu, untukmenentukan konsentrasi NaOH minimal yang dapat menghasilkan produkmaksimal, dan pengaruh konsentrasi NaOH pada sintesis benzilidensikloheksanon.Reaksi yang terjadi pada sintesis ini adalah reaksi kondensasi aldol silang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Microwave Assisted OrganicSynthesis (MAOS). Metode ini menggunakan microwave. Pelarut yang digunakanyaitu metanol. Waktu reaksi yang dibutuhkan adalah 120 detik. Variasi konsentrasiNaOH yang digunakan sebagai katalis, yaitu 0,0025; 0,005; 0,0075; 0,01; dan0,0125 mol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa benzilidensikloheksanondapat disintesis dari benzaldehida dan sikloheksanon dengan katalis NaOH.Konsentrasi NaOH yang dapat menghasilkan rendemen optimal adalah 0,005 mol.Semakin besar konsentrasi NaOH yang digunakan, rendemenbenzilidensikloheksanon yang dihasilkan semakin kecil.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

elemen

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry

Description

Jurnal ilmiah yang dikelola oleh Prodi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang kimia dan terapannya, dua kali dalam setahun pada April dan Oktober. Ruang lingkup jurnal ini meliputi seluruh bidang kimia dan ...