Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MELALUI “SS-CHEM (SHORT STORY- CHEMISTRY)“SEBAGAI BUKU PENUNJANG KELAS XI SEMESTER 1

Fitri Nur Hastuti (Unknown)
Amanatie Amanatie (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran kimia SMA/MA melalui SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang kelas XI semester 1, (2) menentukan kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) yang dihasilkan ditinjau dari 8 aspek yaitu aspek kebenaran konsep, kedalaman konsep, pendekatan penulisan, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, tampilan menyeluruh, dan anatomi cerpen dalam SS-Chem (Short Story- Chemistry) berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Produk awal SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditinjau dan mendapat masukan dari 3 peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk yang telah direvisi kemudian dinilaikan kepada 5 guru kimia SMA/MA. Kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditentukan oleh kualitas semua aspek penilaian dari reviewer menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket dengan skala Likert.Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang belajar kimia SMA/MA kelas XI semester 1 yang terdiri dari 5 cerita pendek. Buku yang telah dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB), besarnya skor rata–rata 125,80 dari skor maksimum 140. Dengan demikian buku ini layak untuk dijadikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...