cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 96 Documents
PENGEMBANGAN STOP MOTION CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI KOLOID UNTUK PESETA DIDIK SMA/MA Nawang Wulandari; Susila Kristianingrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3847

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan Stop Motion Chemistry sebagai media pembelajaran audio visual dengan topik koloid dan menentukan kualitasnya. Kualitas Stop Motion Chemistry ditentukan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Stop Motion Chemistry materi koloid ditinjau dan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Stop Motion Chemistry dinilai oleh lima reviewer yaitu guru kimia SMA/MA. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 5 komponen dengan 25 kriteria.Hasil penelitian berupa produk Stop Motion Chemistry dengan topik koloid yang dikemas dalam CD (Compact Disc) dan data kualitas produk Stop Motion Chemistry. Stop Motion Chemistry terdiri dari empat bagian yaitu: pembukaan, penggolongan materi, isi, dan penutup. Berdasarkan penilaian lima reviewer, Stop Motion Chemistry mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal ditinjau dari komponen kelayakan materi dan kelayakan tampilan media dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 30,2 dan 40,2, serta mempunyai kriteria baik (B) ditinjau dari komponen kelayakan bahasa, kelayakan audio media, dan kemanfaatan dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 16,6; 7,6; dan 12,6.
PENGEMBANGAN WEBTOON KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KIMIA MAKROMOLEKUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA Ulliyah Sumanjaya; Regina Tutik Padmaningrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i5.13382

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menentukankualitas webtoon kimia pada materi kimia makromolekul kelas XII SMA/MA. Prosedur pengembangan webtoonkimia menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penilaianproduk secara deskriptif dengan menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket yang terdiri dari 9 aspekyaitu aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan dankemudahan akses, kebahasaan, anatomi webtoon, mutu gambar, dan tampilan menyeluruh. Data yang diperolehberupa data proses pengembangan webtoon dan data kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Data prosesditabulasi dan digunakan sebagai dasar mengembangkan dan merevisi produk. Data kualitas dianalisis untukmenentukan kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Berdasarkan penilaian dari 5 guru kimia SMA/MA,Webtoon Kimia mempunyai kualitas baik dengan persentase 81,73%.Kata kunci: webtoon kimia, penelitian pengembangan, kimia makromolekul
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA ASAM BASA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 Ratri Panggih Pangastuti; Sri Atun
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 6, No 1 (2017): Volume 6 No 1 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v6i1.6170

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan kimia asam basauntuk peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 sebagai sumberbelajar mandiri, serta mengetahui kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen isi,penyajian serta bahasa dan gambar berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur pengembanganmeliputi 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengor-ganisasian, pelaksanaan, dan penilaian.Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer, 1 dosen kimia yang bertindak sebagai ahlimateri sekaligus ahli media. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimiaSMA/MA di Kulon Progo. Hasil penelitian berupa buku pengayaan kimia asam basa.Berdasarkan penilaian 5 reviewer, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baikdengan skor rata-rata 4,23 dan persentase keidealan 84,5 %. Dengan demikian bukupengayaan kimia asam basa ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untukpeserta didik SMA/MA.
PENGARUH PEMBERIAN DAILY CHEM QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X Ulfa Asrifatun; Rr.Lis Permana Sari Rr.Lis Permana Sari
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, Edisi 2 tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i2.2655

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz, (2) perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz, dan (3) pendapat siswa terhadap pemberian Daily Chem Quiz.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari RPP, soal Daily Chem Quiz, angket motivasi belajar, soal prestasi belajar kimia, dan angket pendapat siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis uji-t (motivasi belajar) dan uji anakova (prestasi belajar) apabila pegetahuan awal dikendalikan secara statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui peningkatan aspek-aspek motivasi belajar kimia dan pendapat siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz, (3) siswa memberikan pendapat yang positif pada pembelajaran dengan Daily Chem Quiz.
PENGEMBANGAN MEDIA FILTER INSTAGRAM BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEORI DOMAIN ELEKTRON (VSEPR) DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA M. Hanif Qodri
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v8i1.20623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media filter instagram berbasis augmented reality pada teori domain elektron (VSEPR) oleh guru, mengetahui keterbacaan media filter instagram berbasis augmented reality oleh siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pengaruh penggunaan media pada minat belajar kimia. Pengembangan media filter instagram berbasis augmented reality  dengan menggunakan model 4-D, meliputi tahap pendefinisain, perancangan, pengembangan, penyebaran. Produk awal penelitian ditinjau oleh ahli materi dan  ahli media. Produk yang telah ditinjau berdasarkan masukan ahli, produk diuji kepraktisan oleh lima orang guru dan tiga teman sejawat, serta diuji keterbacaan oleh dua puluh siswa dari SMA Negeri di Kecamatan Bengkong, Batam. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepraktisan media oleh guru 143 dari skor maksimal 160 dengan persentase keidealan 89,875%  dengan kategori sangat baik dan skor rata-rata  keterbacaan media oleh siswa 101 dari skor maksimal 115 dengan persentase keidealan 87,826% dengan kategori sangat baik. Media dapat menarik minat siswa, mempermudah siswa dalam memvisualisasikan dan mempelajari materi bentuk molekul.
PENGEMBANGAN VIDEO APERSEPSI KONFIGURASI ELEKTRON DAN HUBUNGANNYA DENGAN TABEL PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA Risha Astiani; I Made Sukarna
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i2.13366

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas “Video ApersepsiKonfigurasi Elektron dan Hubungannya dengan Tabel Periodik Unsur Semester 1 Kelas X SMA/MA”. Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah dengan mengadaptasi model ADDIE.Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi, sedangkantahap implementasi tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penilaian kualitas media berbasis video untuk apersepsipembelajaran kimia menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 aspek penilaian, yaituaspek kelayakan isi apersepsi, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan video, dan kemudahan penggunaan.Hasil daripenelitian pengembangan ini berupa media video untuk apersepsi pembelajaran kimia dengan persentase keidealanseluruh video apersepsi adalah 80,46% dengan kualitas baik.Kata kunci: Apersepsi, Penelitian Pengembangan, Video.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MELALUI “SS-CHEM (SHORT STORY- CHEMISTRY)“SEBAGAI BUKU PENUNJANG KELAS XI SEMESTER 1 Fitri Nur Hastuti; Amanatie Amanatie
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3829

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran kimia SMA/MA melalui SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang kelas XI semester 1, (2) menentukan kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) yang dihasilkan ditinjau dari 8 aspek yaitu aspek kebenaran konsep, kedalaman konsep, pendekatan penulisan, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, tampilan menyeluruh, dan anatomi cerpen dalam SS-Chem (Short Story- Chemistry) berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Produk awal SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditinjau dan mendapat masukan dari 3 peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk yang telah direvisi kemudian dinilaikan kepada 5 guru kimia SMA/MA. Kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditentukan oleh kualitas semua aspek penilaian dari reviewer menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket dengan skala Likert.Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang belajar kimia SMA/MA kelas XI semester 1 yang terdiri dari 5 cerita pendek. Buku yang telah dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB), besarnya skor rata–rata 125,80 dari skor maksimum 140. Dengan demikian buku ini layak untuk dijadikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik.
Penerapan Model Pembelajaran POGIL pada Konsep Asam Basa terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Razita Fanadrarul Amiza; Heru Pratomo Aloysius
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 1 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i1.19529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa serta menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis kimia siswa sebelum dan setelah penerapan model POGIL pada materi konsep asam basa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dan melibatkankan dua kelas penelitian. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, sedangkan Uji Wilcoxon Signed Rank digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis siswa pada sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL. Analisis data juga menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir analitis yang signifikan pada siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran POGIL dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA pada materi konsep asam basa.
PENGEMBANGAN KARTU 3D CHEMICAL BOND (3DCB) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA Andri Prasetyo Banu Aji; Jaslin Ikhsan
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v7i4.13377

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan; (1) mengembangakanmedia pembelajaran 3DCB untuk materi ikatan kimia untuk peserta didik kelas X SMA/MA berbasisAndroid dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. (2) mengetahui kualitas dan kelayakanmedia pembelajaran 3DCB yang menggunakan ilustrasi 3 dimensi (3D) berbasis Android denganteknologi Augmented Reality (AR) untuk materi ikatan kimia sebagai penunjang pembelajaran. ModelPengembangan yang digunakan mengapatasi model ADDIE. Pada penelitian, tahap Impementasi tidakdilakukan. Produk awal divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebagai bahan untuk revisi pertama.Produk hasil revisi pertama ditinjaukan kepada 5 orang peer reviewer sebagai bahan revisi kedua,produk hasil revisi kedua ditinjau oleh 5 orang reviewer dan 34 peserta didik sebagai uji terbatas gunamemperoleh penilaian untuk melakukan revisi ketiga.. Media pembelajaran 3DCB dapatdigunakan pada smartphone dengan OS Android minimal versi 2.3.7, dengan ukuran aplikasi90,3 Mb, dilengkapi materi pendamping dan petunjuk penggunaan. Berdasarkan hasil penilaianreviewer, media pembelajaran termasuk dalam kategori kualitas sangat baik (SB). Berdasarkanpenilaian uji terbatas kepada peserta didik, media pembelajaran memiliki kualitas sangat baik (SB).Kata Kunci: Augmented Reality, Media pembelajaran 3D, Ikatan Kimia
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA SE-KABUPATEN BANJARNEGARA Uswatun Khasanah; Karim Theresih
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 6 (2016): Volume 5, No 6 Edisi 6 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i6.4614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.Populasi terdiri dari peserta didik kelas X SMA/MA se-Kabupaten Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 362 peserta didik, diambil secara acak dengan teknik proportionate stratified random sampling dan simple random sampling yang berasal dari 10 sekolah. Instrumen persepsi diuji reliabilitasnya dengan koefisien Alfa Cronbach sebesar 0.932. Data prestasi belajar kimia peserta didik berasal dari nilai Ulangan Akhir Semester satu. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Selanjutnya dianalisis menggunakan regresi sederhana, ganda dan dummy. Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui kekuatan hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi variabel dummy diperoleh harga R = 0,208. Harga sumbangan relatif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) adalah 8.86% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) ialah 91.14%. Harga sumbangan efektif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) = 0,381% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) = 3.919%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan dengan prestasi belajar kimia, akan tetapi pengaruhnya kecil terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia. Penelitian juga menemukan adanya hubungan yang lemah antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.

Page 1 of 10 | Total Record : 96