Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA INTEGRATING CHARACTER EDUCATION ON MATHEMATICS LEARNING IN MADRASAH TSANAWIYAH IN THE CITY OF YOGYAKARTA

Rizal Ahmad (Unknown)
Jailani Jailani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1)  mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan karakter pada perencanaan pembelajaran matematika di MTs se-Kota Yogyakarta, (2) mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan karakter pada  pelaksanaan  pembelajaran  matematika  di  MTs  se-Kota  Yogyakarta,  dan  (3)  mendeskripsikan  hambatanhambatan dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah se Kota  Yogyakarta.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  yang  dilakukan  melalui  metode  survei  pada  6 (enam)  MTs  yang  ada  di  Kota  Yogyakarta.  Sumber  data  (responden)  dalam  penelitian  ini  adalah  guru  yang mengajar  mata  pelajaran  matematika  kelas  8  yang  berjumlah  6  orang.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Bukti validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  teknik  deskriptif,  baik  secara  kuantitatif  maupun  kualitatif.  Hasil penelitian ini  menunjukkan:  (1) perencanaan pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran matemat ika di MTs se-Kota Yogyakarta adalah 61,11% responden telah melakukan integrasi pendidikan karakter pada silabus, RPP,  dan  bahan  ajar/LKS,  dengan  rincian:  (a)  83,33%  responden  telah  melakukan  integrasi  pendidikan  karakter terhadap silabus, (b) 46,67% respo nden telah melakukan integrasi pendidikan karakter terhadap RPP, dan (c) 75% responden telah melakukan integrasi pendidikan karakter terhadap bahan ajar/LKS, (2) pengintegrasian pendidikan karakter  pada  pelaksanaan  pembelajaran  adalah  sudah  sangat  baik  (3,39)  menurut  guru  dan  cukup  baik  (2,32) menurut siswa, dan (3) hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pengintegrasian pendidikan karakter adalah guru  kesulitan  dalam  mencari  materi  yang  dapat  dikaitkan  dengan  pendidikan  karakter,  tugas  guru  matematika yang padat, dan suasana madrasah yang cenderung fokus pada pencapaian prestasi akademik. Kata kunci: pengintegrasian, pendidikan karakter, pembelajaran matematikaAbstractThis  research  was  aimed  for:  (1)  described  integration  of  character  education  in  preparation mathematics learning in Madrasah Tsanawiyah (MTs) in the city of Yogyakarta, (2) described integration of character education on implementation of mathematics learning in MTs in the city of Yogyakarta, and (3) described constrains in integration of character education on mathematics learning in MTs in the city of Yogyakarta. The research was descriptive research conducted over the survey on six MTs in the city of Yogyakarta. The data sources (respondents) in this research were mathematics teachers’grade 8 covering 6 people. Data collection was carried out by using the method survey, interview, and observation. Proof of  the  validity  of  instruments  performed by  content  validity.  Data  analysis  techniques  that  used  was  a descriptive technique, both quantitatively and qualitatively. This research result indicated: (1) planning for integrating character education in mathematics learning in MTs in the city of Yogyakarta was  61,11 % respondents had done integration characters on syllabus, lesson plans, and worksheet, with details: (a) 83,33 % respondents had done integration of character education on syllabus, (b) 46,67 % respondents had  done  integration  of  character  education  on  lesson  plans,  and  (c)  75  %  respondents  had  done integration  of  character  education  on  worksheet,  (2)  according  to  teachers  integration  of  character education in the learning was very good (3,39) and good enough (2,32) according to students, and (3) constrains  that  faced  by  teachers  in  the  integration  of  character  education  was  teachers’  difficulty  in finding material that can be attributed to character education, the mathematics teachers’ duties were very dense, and atmosphere of madrasah that tend to focus on the academic achievement.Keywords: integration, character education, mathematics learning

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...