Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika

PENGARUH PENERAPAN METODE SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Sekar Sari Anggraeni (Unknown)
Marsigit Marsigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran saintifik yang berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP 1 Banguntapan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode saintifik berbasis etnomatematika dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B digunakan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa Pretest dan Posttest. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Non-parametrik Mann-Whitney dan Uji Non-parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode saintifik berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada taraf signifikan 0,05 dimana nilai Sig. kemampuan berpikir matematis peserta didik sebesar 0,00 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...