Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pedagogi Matematika

Analisis kesalahan peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal numerasi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan Newman

Suci Pawening Gati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ariyadi Wijaya (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dari tiga sekolah dengan level yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini 96 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan, SMP Negeri 1 Manisrenggo, dan SMP Negeri 2 Prambanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, dengan instrument tes yang terdiri dari 4 butir soal numerasi SPLDV yang berbentuk uraian. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis kesalahan pada penelitian ini dianalisis dengan pendekatan Newman, yakni 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) Kesalahan keterampilan proses, dan 4) Kesalahan penafsiran. Jenis kesalahan umum yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan keterampilan proses sebesar 41% dari seluruh data jawaban salah. Untuk jenis kesalahan lain yang dilakukan peserta didik pada tahap pemahaman ditemukan sebesar 18%, transformasi sebesar 22%, penafsiran sebesar 22% dari seluruh data jawaban salah. Dari tiga sekolah dengan level yang berbeda, terdapat pola jenis kesalahan yang sama. Ketiga sekolah tersebut, ditemukan bahwa jenis kesalahan paling umum  yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan pada tahap keterampilan proses. Kata kunci : Analisis, kesalahan, numerasi, SPLDV, Newman

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...