Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV dari tiga sekolah dengan level yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini 96 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan, SMP Negeri 1 Manisrenggo, dan SMP Negeri 2 Prambanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, dengan instrument tes yang terdiri dari 4 butir soal numerasi SPLDV yang berbentuk uraian. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis kesalahan pada penelitian ini dianalisis dengan pendekatan Newman, yakni 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) Kesalahan keterampilan proses, dan 4) Kesalahan penafsiran. Jenis kesalahan umum yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan keterampilan proses sebesar 41% dari seluruh data jawaban salah. Untuk jenis kesalahan lain yang dilakukan peserta didik pada tahap pemahaman ditemukan sebesar 18%, transformasi sebesar 22%, penafsiran sebesar 22% dari seluruh data jawaban salah. Dari tiga sekolah dengan level yang berbeda, terdapat pola jenis kesalahan yang sama. Ketiga sekolah tersebut, ditemukan bahwa jenis kesalahan paling umum yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi SPLDV adalah kesalahan pada tahap keterampilan proses. Kata kunci : Analisis, kesalahan, numerasi, SPLDV, Newman
Copyrights © 2022