Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pedagogi Matematika

THE EFFECT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) ASSISTED GEOGEBRA

Yusuf Rahmat Setyawan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ariyadi Wijaya (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi matematika siswa, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan literasi matematika siswa, dan mendeskripsikan pengaruh yang lebih baik dari dua pembelajaran yang diterapkan dengan melihat kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP N 1 Salam tahun ajaran 2021/2022 pada materi luas segitiga dan segi empat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa meningkat dari 19 menjadi 75,875. Pada kelas kontrol nilai rata-rata meningkat dari 18, 0625 menjadi 69,25. Diperoleh thitung yakni 2,9095 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,671. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1. Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra berpengaruh baik terhadap kemampuan literasi matematika siswa. 2 Pembelajaran eksposotori berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa. 3. Pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Geogebra lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Geogebra, kemampuan literasi matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...