Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PROGRAM LINIER UNTUK SMK KELAS X

Ibrohim Aji Kusuma (Unknown)
Sahid . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi program linier untuk siswa SMK Kelas X. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, and keefektifan. Pengembangan LKS mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS ditinjau dari aspek kevalidan memperoleh kriteria valid. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata skor penilaian ahli materi sebesar 3,76 dengan kategori baik, perolehan rata-rata skor penilaian ahli media sebesar 4 dengan kategori baik, and perolehan rata-rata skor penilaian guru matematika sebesar 4,2 dengan kategori sangat baik. Kualitas LKS ditinjau dari aspek kepraktisan memperoleh kriteria praktis. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata skor angket respon siswa sebesar 2,92 dengan kategori baik, perolehan rata-rata skor angket respon guru sebesar 3,1 dengan kategori baik. Selain itu, kualitas LKS ditinjau dari aspek keefektifan memperoleh kriteria efektif. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 81,19 and persentase ketuntasan peserta didik sebesar 70,96%.  Kata kunci: LKS, pendekatan saintifik, program linier

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...