Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI RUMUS-RUMUS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMA DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS ON THE MATERIAL TRIANGLE FORMULAS USE GUIDED DISCOVERY MODELS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sa’adah Nuraini (Unknown)
Tuharto Tuharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi rumus-rumus segitigamenggunakan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas XI dan mengetahui kualitas kelayakanperangkat pembelajaran dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembangan ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development(pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan layak untuk digunakan di sekolah-sekolahdengan peringkat tinggi berdasarkan: aspek kevalidan, yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rataskor dari validator 3,86 dari skor maksimal 4 dan LKS memenuhi kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor darivalidator 3,83 dari skor maksimal 4; aspek kepraktisan, yaitu dari hasil observasi dan wawancara yangmenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan dengan revisi; aspek keefektifan, yaitu berdasarkanpersentase ketuntasan hasil tes belajar siswa di SMA Negeri 8 Yogyakarta yang mencapai 96,55%.Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, rumus-rumus segitiga, penemuanterbimbingAbstractThis study aimed to produce a learning device on the materials of triangles formulas using guided discoverymodels for high school students of class XI and to know the quality of the feasibility of learning tools on validity,practicality, and effectiveness aspects. The model development was ADDIE development model i.e. analysis,design, development, implementation, and evaluation. The result showed that the learning device produced ishighly appropriate to be applied in schools based on the validity aspects, namely lesson plan that met the criteria"very good" with an arrange score of 3.86 out of maximum score validator 4 and student worksheet the criteria of"very good" with an average score of 3.83 out of a maximum score validator 4; practicality aspects, namely fromobservations and interviews indicate that the device is worth learning to use the revision; aspects of effectiveness,which is based on the percentage of completeness of the results for students at SMAN 8 Yogyakarta, which reached96.55%.Keywords: lesson plan, student worksheets, formulas triangle, guided discovery

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...