Komsospol
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2021

TEKNIK PRODUKSI TVONE DALAM PROGRAM “DAMAI INDONESIAKU”: TEKNIK PRODUKSI TVONE DALAM PROGRAM “DAMAI INDONESIAKU

Lukman Al-Hakim Lukman (a:1:{s:5:"en_US"
s:31:"UIN Syarif Hidayatullah Jakarta"
})

Dede Mercy Rolando (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Silma Rahmah Alfafa (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori model representasi teknik produksi dalam Program Damai Indonesiaku TVOne.Penelitianini menggunakan jeniskualitatif dan didukung oleh data kepustakaan. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan teori mode representasiteknik produksi Branston dan Stafford, bahwa: Pertama, teknik produksi kamera videoberupa cahaya dan sumber (posisi), jenis lampu (warna cahaya, area tertutup), kecerahan, intensitas, Lensa atau bukaan, jarak optik ke titik fokus, ukuran gambar. Sensitivitas film atau sensor cahaya, Kecepatan rana dan efek khusus. Kedua, teknik produksi gambar pada kamera videoyaitu: mengubah framing dan komposisi (menggerakkan kamera dan aktor), mengubah sudut pandang, mengambil gambar ketika kamera bergerak. Ketiga,teknik produksi audio adalah: rekaman suara, mengedit dan mencampur suara, stereo dan pertunjukan suara.Adapun teknik produksiprogram Damai IndonesiakuTVOnemenggunakan berbagai macam kamera dengan komposisi framing dan angle gambar yang berfariasi. Teknik pengambilan gambar yang digunakan adalah Wide Angle, Very Long Shot, Medium Long Shot, Long Shot, dan Medium Close Up. Teknik audio menggunakan mixer audio, mikrofon,speaker monitor dan FOH (Front of House). Teknik pencahayaan menggunakan lampu efek, HMI 575-2500 watt dan red head 800 watt dan lain sebagainya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komsospol

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, ...