Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang
Vol. 3 No. 1 (2023)

Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Publik (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Agam)

Sri Yuli Ayu Putri (Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Titah Rahmawati (Universitas Pamulang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan pengawasan fungsional terhadap akuntabilitas publik pada badan dan dinas yang tergabung dalam organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Agam baik secara parsial maupun secara simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel penyajian laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas publik. 2) Berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas publik. 3) Berdasarkan uji F diketahui bahwa variabel penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan, berpengaruh secara simultan terhadap akuntabilitas publik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jaaip

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang (JAAIP) berfokus pada penelitian terkait akuntansi dan keuangan yang relevan untuk pengembangan teori dan praktik akuntansi di Indonesia dan Asia Tenggara. JAAIP mencakup berbagai pendekatan penelitian, yaitu: kuantitatif, kualitatif, dan metode campuran. ...