AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 8 No 5 (2020): Oktober

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH PIR (PYRUS) PADA PASAR MODEREN HYPERMART PALU GRAND MALL

Nada Pramudia Putri (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Marhawati Marhawati (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Dewi Nur Asih (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen terhadap permintaan buah pir pada Pasar Moderen Hypermart Palu Grand Mall. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2018. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen Buah Pir, sedangkan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama pendapatan, harga buah pir, harga buah apel impor, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar moderen Hypermart Palu Grand Mall. Hasil uji t, menunjukan secara parsial variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall adalah pendapatan, harga buah pir dan selera konsumen, sedangkan harga buah apel impor dan tanggungan keluarga merupakan variabel yang tidak memberikan pengaruh nyata kepada permintaan buah pir pada pasar modern hypermart Palu Grand Mall.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...