AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 8 No 6 (2020): Desember

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR URIN SAPI DAN LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L).

Nurlaelah Nurlaelah (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Fathurrahman Fathurrahman (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair urin sapi dan limbah tahu terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Penelitian ini dilaksanakan di desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi dan Di Lab Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah. Kegiatan penelitian dimulai bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2019. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial. Faktor pertama adalah dosis pupuk organik cair urin sapi (U) yaitu :u0= tanpa pemberian POC urin sapi+ 100 ml air/polybag, u1= 20 ml POC urin sapi + 80 ml air/polybag, u2= 40 ml POC urin sapi + 60 ml air /polybag. Faktor kedua dosis pupuk organik cair limbah tahu (L) yaitu : l0= tanpa pemberian POC limbah tahu + 100 ml air/polibag, l1= 30 ml POC limbah tahu+ 60 ml air/polybag, l2= 60 ml POC limbah tahu + 40 ml air /polybag. Terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan sehingga diperoleh 27 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pemberian pupuk organik cair urin sapi 20 ml memberikan pengaruh pada bobot segar dan bobot kering tanaman. Pemberian pupuk organik cair limbah tahu tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan demikian pula dengan interaksi antara pemberian pupuk organik cair urin sapi dan limbah tahu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...