AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 9 No 4 (2021): Agustus

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN CABAI MERAH KERITING DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALU (STUDI KASUS: PASAR MANONDA DAN MASOMBA)

Rezky Ansar (Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Made Antara (Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako)
Dance Tangkesalu (Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan cabai merah keriting di pasar tradisional Kota Palu (studi kasus: pasar manonda dan masomba). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019 hingga Juli 2019. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen cabai merah keriting. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan uji F (Simultan) dan uji T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung (25,835) > F-tabel (2,76) berarti secara bersama-sama semua variabel yaitu variabel harga cabai merah keriting(X1), harga cabai merah besar(X2), pendapatan(X3), jumlah tanggungan(X4) dan umur(X5) memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan cabai merah keriting. Hasil uji T, regresi diperoleh variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan cabai merah keriting adalah variabel harga cabai merah keriting(X1), harga cabai merah besar (X2), pendapatan(X3), jumlah tanggungan(X4) dan umur(X5) dimana kelima variabel tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan sebesar 5%, oleh sebab itu semua variable yang digunakan sangat berpengaruh terhadap permintaan cabai merah keriting di Kota Palu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...