AGROTEKBIS
Vol 10 No 2 (2022): April

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAMBAL IKAN ROA PADA UKM RAJA BAWANG DI KOTA PALU

Yongky Pratama (Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Lien Damayanti (Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Shintami R. Malik (Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan internal dan eksternal serta untuk mengetahui strategi pemasarann apa yang tepat dilakukan oleh UKM Raja Bawang. penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive),. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu,data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT.Hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi pengembangan usaha sambal ikan roa pada UKM Raja Bawang diperoleh dari hasil pengurangan antara faktor kekuatan (Strengths) dan faktor kelemahan (Weaknesses) 2,05 – 1,45 = 0,6 yaitu sumbu X dalam diagram SWOT sebesar 0,6. sedangkan pada hasil perhitungan faktor eksternal yang diperoleh dari pengurangan antara faktor peluang (Opportunities) dan faktor ancaman (Treaths) yaitu 2-1= 1 yang dijadikan sebagai sumbu horizontal Y, maka sumbu Y pada diagram SWOT adalah 1.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...