Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 6, No 1 (2024)

Pelatihan Pengembangan Program Sensomotorik dalam Meningkatkan Kemampuan Memusatkan Perhatian pada Anak Usia Dini dengan Attention Deficit Disorder

Dewi Ratih Rapisa (Universitas Lambung Mangkurat)
Eviani Damastuti (Unknown)
Dewi Juwita Susanti (Unknown)
Puteri Rahmatika (ULM)
Cahyani Widya Safitri (ULM)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui pada anak usia dini diantaranya anak tidak dapat memusatkan perhatian, tidak mampu menuntaskan permainan atau tugas, terdistraksi dan tidak sabar dalam menunggu antrian. Perilaku tersebut mengarah pada karakteristik anak dengan Attention Deficit Disorder, namun guru-guru umumnya tidak mengenalinya. Upaya yang dapat dilakukan dalam memberikan intervensi pada anak ADD dengan memanfaatkan sensomotorik. Latihan koordinasi sensomotorik efektif dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan program latihan koordinasi sensomotorik, Pada Anak Attention Defisit Disorder (ADD). Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demontrasi. Sosialisasi PKM dikuti oleh dua puluh guru PAUD Inklusif di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar. Hasil evaluasi dari kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan pengembangan program sensomotorik mampu meningkatkan kemampuan memusatkan perhatian pada anak usia dini dengan ADD terbukti pada nilai sebelum pelatihan guru sebesar 19 menjadi nilai sesudah pelatihan guru sebesar 89,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman dan keterampilan guru meningkat dalam memahami anak ADD dan memanfaatkan latihan sensomotorik dalam proses penanganan pembelajaran di kelas.Problems often encountered in early childhood include children being unable to focus, unable to complete games, easily distracted, and impatient waiting in line. Such behavior leads to the characteristics of a child with Attention Deficit Disorder, but teachers generally do not recognize it. Efforts can be made in providing intervention to ADD children by utilizing sensorimotor. Sensomotor coordination exercises are effective in improving concentration skills. Therefore, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) aims to provide knowledge and skills in developing sensomotor coordination training programs for children with attention deficit disorder (ADD). The methods used are lectures and demonstration methods. PKM socialization was attended by twenty Inclusive PAUD teachers in Mataraman District, Banjar Regency. The evaluation results of PKM activities show that sensorimotor program development training in improving the ability to focus attention on early childhood with Attention Deficit Disorder is proven to increase teachers' understanding and skills in understanding ADD children and utilize sensorimotor exercises in the process of handling learning in the classroom.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...