REFLEKSI EDUKATIKA
Vol 4, No 1 (2013): Refleksi Edukatika Vo. 4 No. 1 Th. 2013

Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Teknik Latihan Berulang Berjenjang (Tela Ujang) dengan Menggunakan Macromedia Flash

Priono, Catur Karya Agus ( SMA 2 Jekulo Kudus)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2015

Abstract

Kemampuan siswa di dalam membaca pemahaman sangat rendah. Hal ini disebabkan motivasi siswa yang rendah dalam membaca, guru yang tidak memberikan kesempatan siswa untuk berlatih membaca, metode/teknik pembelajaran yang kurang bervariasi, serta terbatasnya sarana dan prasarana untuk kegiatan membaca. Berpijak pada kondisi ini, penulis meneliti kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik membaca yang dirancang penulis, yaitu teknik latihan berulang berjenjang (Tela Ujang) dengan menggunakan macromedia flash. Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui Teknik Latihan Berulang Berjenjang (Tela Ujang) berbantuan Macromedia Flash dan 2) memotivasi siswa mengikuti pembelajaran membaca pemahaman melalui Teknik Latihan Berulang Berjenjang (Tela Ujang) berbantuan Macromedia Flash. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, terdiri atas dua siklus, yaitu siklus satu menggunakan Tela Ujang tingkat dasar yang diberikan kepada siswa secara klasikal. Siklus dua menggunakan Tela Ujang tingkat lanjut yang diberikan kepada siswa secara individu. Hasil penelitian sebanyak dua siklus diperoleh hasil sebagai berikut: 1) ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari siklus satu sebesar 67,7% menjadi 85,3%  pada siklus dua. Selain itu, motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Tela Ujang dengan menggunakan macromedia flash, yaitu: sangat tinggi 35,29%; tinggi 32,29%; sedang 20,59%, dan kurang 11,76%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Education

Description

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara ...