Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Strategi Pengembangan Usaha Stik Labu Madu pada IKM Al-Hidayah dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)

Sri Wahyuni Baharudin (Universitas Negeri Gorontalo)
Amir Halid (Universitas Negeri Gorontalo)
Echan Adam (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian Ini Merupakan penelitian Strategi Pengembangan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing saing produk Stik labu madu pada IKM Al- Hidayah melalui Pendekatan Business model canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian Sebagai pelopor dalam olahan produk labu madu, mereka menerapkan Business Model Canvas (BMC). Produk stik labu madu ini ditujukan untuk berbagai kalangan usia, menawarkan nilai unggulan dengan dukungan pada pemberdayaan masyarakat, kualitas tinggi, dan kandungan gizi seimbang. Strategi pemasaran melibatkan media sosial, distribusi melalui konsinyasi dan distributor, serta kolaborasi dengan influencer. Hubungan pelanggan diperkuat melalui konten edukasi, layanan pelanggan, dan program keanggotaan. Pendapatan utama berasal dari penjualan stik labu madu, didukung oleh aspek produksi yang efisien, sumber daya, dan aktivitas yang terfokus. Mitra, termasuk supplier, toko, supermarket, dan lembaga terkait, serta struktur biaya yang terkelola baik, mendukung pertumbuhan berkelanjutan IKM Al-Hidayah dalam bisnis inovatifnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...