Penelitian Ini Merupakan penelitian Strategi Pengembangan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing saing produk Stik labu madu pada IKM Al- Hidayah melalui Pendekatan Business model canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian Sebagai pelopor dalam olahan produk labu madu, mereka menerapkan Business Model Canvas (BMC). Produk stik labu madu ini ditujukan untuk berbagai kalangan usia, menawarkan nilai unggulan dengan dukungan pada pemberdayaan masyarakat, kualitas tinggi, dan kandungan gizi seimbang. Strategi pemasaran melibatkan media sosial, distribusi melalui konsinyasi dan distributor, serta kolaborasi dengan influencer. Hubungan pelanggan diperkuat melalui konten edukasi, layanan pelanggan, dan program keanggotaan. Pendapatan utama berasal dari penjualan stik labu madu, didukung oleh aspek produksi yang efisien, sumber daya, dan aktivitas yang terfokus. Mitra, termasuk supplier, toko, supermarket, dan lembaga terkait, serta struktur biaya yang terkelola baik, mendukung pertumbuhan berkelanjutan IKM Al-Hidayah dalam bisnis inovatifnya.
Copyrights © 2024