Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Satisfaction, Switching Cost dan Corporate Image Terhadap Costemer Loyalty Pada Pengguna Indihome Telkom di Kota Palopo

Charisma Ekawaty (Unknown)
Nasrun Julyarman (Manajemen, Universitas Andi Djemma)
Asriana Abdullah (Kehutanan, Universitas Andi Djemma)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian pengujian hipotesis. Desain Penelitian ini menggunakan desain descriptive dan explanatory research. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service quality berpengaruh terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty, service quality berpengaruh terhadap customer loyalty, switching cost berpengaruh terhadap customer loyalty, corporate image berpengaruh terhadap customer loyalty, service quality berpengaruh terhadap corporate image dan price perception berpengaruh terhadap brand customer loyalty pada Indihome Telkom. Sampel yang diambil adalah 200 responden pengguna Indihome Telkom di Kota Palopo yang telah berlangganan minimal 3 bulan. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 4.01 yang digunakan untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis. Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan metode SEM, goodness-of- fit atas model yang diajukan menunjukkan hasil yang baik. Berikut adalah urutan hasil pengukuran model penelitian: 2 = 282,879; probabilitas = 0,075; RMSEA = 0,026; GFI = 0,910; AGFI = 0,873; CMIN/DF = 1,132; TLI = 0,982; CFI = 0,986. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan service quality berpengaruh positif terhadap customer satisfaction dengan CR sebesar 4,240, customer satisfaction berpengaruh positif terhadap customer loyalty dengan CR sebesar 3,124, service quality berpengaruh positif terhadap customer loyalty dengan CR sebesar 2,423, switching cost berpengaruh positif terhadap customer loyalty dengan CR sebesar 2,499, corporate image berpengaruh positif terhadap customer loyalty dengan CR sebesar 3,684, service quality berpengaruh positif terhadap corporate image dengan CR sebesar 2,391 dan price perception berpengaruh positif terhadap brand customer loyalty dengan CR sebesar 2,149.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...