Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo Di Kota Batam

Michael Eric (Program Studi Manajemen, Universitas Putera Batam)
Inda Sukati (Program Studi Manajemen, Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Jaman sekarang fashion berkembang dengan cepat, semua orang kini mengenakan berbagai macam gaya pakaian kasual, formal, serta semi formal. Untuk itu, dalam mencapai pangsa pasar yang luas Uniqlo perlu membentuk brand image, brand awareness, dan desain produk. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh brand image, brand awareness, dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk Uniqlo di kota Batam. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan asosiatif. Pada penelitian ini populasinya adalah masyarakat kota Batam yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Uniqlo dengan jumlah sampel sebanyak100 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Dari hasil dari uji regresi linear berganda, pengaruh dari variabel brand image sebesar 0,243 atau 24,3% terhadap keputusan pembelian, brand awareness berpengaruh sebesar 0,335 atau 33,5% terhadap keputusan pembelian, dan desain produk berpengaruh sebesar 0,247 atau 24,7% terhadap keputusan pembelian. Dari hasil dari uji koefisien determinasi variabel bebas berpengaruh sebesar 0,774 atau 74,4% terhadap variabel terikat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara simultan brand image, brand awareness, dan desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Uniqlo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...