Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Analisis Pendapatan Pedagang Sayuran Di Pasar Tradisonal Kota Gorontalo Dalam Kondisi Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19

Marliani Kelengon (Agribisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Irwan Bempah (Agribisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Agustinus Moonti (Agribisnis, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pendapatan pedagang sayuran di pasar tradisional saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19. 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran di pasar tradisional selama pandemi dan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Pasar Sentral Kota Gorontalo yang merupakan pasar terbesar di Provinsi Gorontalo. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan terhitung mulai dari bulan Oktober - Desember 2022. Hasil penelitian menunjukan 1) Rata-rata pendapatan pedagang sayuransaat pandemi sebesar Rp. 128.669 dansesudah pandemi sebesar Rp. 211.306 /hari. Artinya pendapatan pedagang sayuran saat pandemi 40 persen lebih kecil dibandingkan pasca pandemic. 2) Faktor yang mempengaruhi pendapatan saat pandemi Covid-19 yang terdiri dari modal, jam kerja dan lama usaha secara simultan bepengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayuran.Secara parsial aspekmodal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang sayur pada saat pandemic, sedangkan lama usahadan jam keja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan pedagang sayuran.Pada kondisi pasca pandemic, faktor yang signifikan mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran adalah modal, dan jam kerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...