Implementasi Information Technology Service Management (ITSM) menjadi suatu keharusan bagi organisasi yang bergantung pada teknologi informasi untuk menjalankan operasional dan mencapai tujuan bisnis.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen layanan Teknologi Informasi (TI) berdasarkan kerangka kerja ITIL V3 di PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo. ITIL V3 adalah suatu standar industri yang diakui secara global dalam mengelola layanan TI untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo telah menerapkan berbagai proses manajemen layanan ITIL V3 pada domain operasi layanan. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan infrastruktur TI, meningkatkan kualitas layanan, dan mengurangi risiko dalam penyediaan layanan.Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik manajemen layanan TI di PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo, serta memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut terkait peningkatan kinerja dan efektivitas implementasi ITIL V3 dalam konteks industri asuransi jiwa. Kata Kunci: Information Technology Service Management (ITSM), ITIL V3, PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo
Copyrights © 2023