Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 5 No 1 (2022): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem

Zunaidah (STAI Muhammadiyah Paciran, Lamongan)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri dengan prestasi belajar dalam bidang studi Bahasa Arab. Sehingga dengan mengetahui kondisi yang demikian maka guru akan lebih memberikan tekanan pada aspek yang mempunyai hubungan lebih kuat pada keberhasilan belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan di antaranya adalah metode penentuan populasi dan sampel, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes membaca Al-Qur’an dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan teknik analisa korelasi product moment angka kasar dari person dan hasil perhitungan  0,808. Setelah diketahui harga atau nilai korelasi tersebut, selanjutnya dikonsultasikan dengan “r” tabel pada taraf signifikan 1% = 0,354 sedangkan taraf signifikan 5% = 0,273 jadi “r” yang diperoleh lebih besar dari “r” tabel dengan perbandingan sebagai berikut: 0,808 > 0,354 atau 0,808 > 0,273. Dilihat dari data di atas yaitu “r” yang diperoleh berada jauh di atas batas signifikan maka dengan demikian kita menolak hipotesis nihil yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an tidak ada pengaruh dalam peningkatan prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan”. Dan menerima hipotesis kerja yang berbunyi “Kemampuan membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan.” Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab santri kelas 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mempunyai pengaruh yang tinggi, yaitu dengan hasil angka indek terakhir adalah 0,808.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes ...