Geotadulako
Vol 1, No 2 (2013): Juli-Desember

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOGRAFI REGIONAL INDONESIA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS TADULAKO TAHUN 2013

Listiqowati, Nurvita, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Geografi Regional Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/PTK dengan menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang menggunakan empat tahapan yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Penelitian dilaksanakan di Universitas Tadulako Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Geografi. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas C semester 3 angkatan 2012 tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 42 mahasiswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genjil 2013/2014 yaitu pada bulan Agustus sampai dengan Nopember. Jenis data dalam penelitian adalah data primer dan data skunder. Cara pengumpulan data adalah dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitaian berupa silabus, RPP, dan tugas-tugas mahasiswa. Instrumen pengumpulan data adalah lembar tes observasi, tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif yang meliputi : daya serap individu, daya serap klasikal, dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dari hasil perolehan analisis Tes Tindakan Siklus I skor tertingi 88, skor terendah 58, banyaknya siswa yang tuntas 24, banyaknya siswa yang tidak tuntas 18, banyaknya mahasiswa yang mempunyai nilai A adalah 1 orang, Nilai B adalah 23 orang, dan nilai C adalah 18 orang, persentase ketuntasan belajar klasikal 57% dan persentase daya serap klasikal 70,93%. Dari persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa kelas belum tuntas dan masih masuk pada kategori cukup. Akan tetapi mengalami peningkatan pada hasil Perolehan Analisis Tes Tindakan Siklus II skor tertingi 93, skor terendah 60, banyaknya siswa yang tuntas 37, banyaknya siswa yang tidak tuntas 5, banyaknya mahasiswa yang memiliki nilai A adalah 1 orang, banyaknya mahasiswa yang memiliki nilai B adalah 36 orang, banyaknya mahasiswa yang memiliki nilai C adalah 5 orang persentase ketuntasan belajar klasikal 88,09% dan persentase daya serap klasikal 77,21%. Dari persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa kelas tuntas dan masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran mahasiswa

Copyrights © 2013