Geotadulako
Vol 1, No 2 (2013): Juli-Desember

PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI REGIONAL INDONESIA SEMESTER III TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Arsy, Ade Nanang Sarikin, Risma Fadhilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Tadulako Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidika Geografi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui efektivitas pendekatan cooperative learning model dua tinggal dua tamu pada pembelajaran Geografi Regional Indonesia, (2) Meningkatkan prestasi mahasiswa semester III angkatan 2012 program studi pendidikan geografi.  Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa geografi kelas B yang memprogramkan mata kuliah GRI, sebanyak 20 orang. Cara pengambilan sampel dilakukan dengantotal sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisisdata kuantitatif.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mahasiswa geografi semester III angkatan 2012 kelas B maka hasil belajar mahasiswa meningkat dari sebelumnya. Hasil perolehan pada siklus I jumlah mahasiswa yang tuntas 8 orang dan mahasiswa yang tidak tuntas 12 orang, daya serap klasikal adalah 50,33% sedangkan tuntas belajar klasikal 66,66%. berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) adalah 70. Dengan melihat kendala-kendala yang ada maka dosen dan peneliti berusaha untuk memperbaiki pada pembelajaran siklus ke II. Hasil yang dicapai pada siklus II jauh lebih meningkat dari siklus sebelumnya yaitu diperoleh daya serap klasikal adalah 90,08 %. Sedangkan tuntas belajar klasikal 92,5 %, dengan jumlah mahasiswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 16 orang dan mahasiswa yang tidak tuntas 4 orang, berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 60.

Copyrights © 2013