Ekobisman : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen
Vol 7 No 3 (2023): JURNAL EKOBISMAN VOLUME 7 NO 3 APRIL 2023

PENGARUH BIAS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN INVESTASI ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENNING DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS PANCASILA

Fauzan Anggara (Universitas Pancasila)
Tri Widyastuti (Universitas Bhayangkara)
Zulkifli Zulkifli (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Pelaku pasar modal memiliki pengaruh dalam penggerakan dana investor dan perusahaan. Pelaku pasar modal biasa dapat didorong psikologi kognitifnya yang seringkali berperilaku berlebihan dalam menyikapi suatu berita. Investor dapat bereaksi secara berlebihan saat memperoleh berita yang tidak terduga, yang dapat mempengaruhi harga kenaikan atau penurunan melebihi nilai actual. Peneliti memiliki tujuan untuk mendapatkan analisis mengenai bias yang ada berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Variabel ini merupakan variabel yang terletak di antara variabel independent dan dependen, sehingga variabel inndependent tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, Penelitian ini menggunakan metode PLS (Partial Least Square). Penelitian ini hanya self-attribution bias yang tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Investor senior dalam galeri investasi universitas Pancasila harus membantu investor milenial agar terhindar dari pengaruh investasi negative mengenai saham. Dalam penelitian ini self-attribution bias tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Peneliti berasumsi bahwa investor milenial ini tidak hanya merasa bahwa keberhasilan dalam berinvestasi bukan hanya dari kemampuan teknikal dan fundamental, tetapi dari informasi-informasi yang valid yang dapat mereka dapatkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekobisman

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

1) Micro and macro economics; 2) Marketing, Finance, Operational, Human Resources and Strategic Management; 3) Business ...