Jurnal Economic Edu
Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli

PERILAKU KELUARGA MISKIN DALAM MELANGSUNGKAN KEHIDUPANNYA (KASUS PETANI MISKIN DI DESA TALANG KABU KECAMATAN ILIR TALO KABPATEN SELUMA)

Bahrin bahrin (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Duharman Duharman (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah soaial yang krusial dan berdampak luas. Penelitian ini mencoba menelusuri persoalan kemiskinan tersebut secara mendasar dari berbagai aspek sosial, budaya dan ekonomi serta keterkaitannya dengan tata nilai, norma dan adat istiadat yang hidup dan berkembang dalam masyarakat local. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terumuskannya pola-pola perilaku dan perubahan sosial serta faktor-faktor dominan yang dapat mendorong perubahan keluarga miskin untuk mampu secara dinamis menghidupkan kondisi kehidupannya. Penelitian ini didesain sebagai penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma. Pemilihan desa dilakukan secara Purposive, sedangkan pemilihan sampel keluarga miskin dilakukan secarak acak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1)Pola perilaku keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial bersifat tradisi sejalan dengan tatanan budaya yang bersifat turun-temurun. Penyesuaian terhadap perubahan lingkungan strategis berjalan lambat; (2)Pola perilaku keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial terbentuk melalui pewarisan peninggalan fisik dan ideal melalui pengalaman empiris dalam keluarga dan masyarakat serta mempunyai keterikatan yang kuat terhadap tata nilai, norma dan adat istiadat yang hidup dan berkembamg dalam masyararakat yang bersangkutan; (3)Proses belajar keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial terjadi melalui pengalaman (empiris) yang diwariskan secara turun-temurun. Kata kunci: Kemiskinan, perilaku, sosiokultural.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ecoedu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal ...