Jambura Elementary Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar

Irvin Novita Arifin (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)
Taufik Masengge (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis penelitian jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar akan meningkat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV sekolah dasar meningkat. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 dari jumlah keseluruhan 22 siswa sebanyak 3 siswa dengan presentase 13,64% yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut baik proses maupun hasil belajar siswa yaitu dari pemantauan peran aktif siswa masih belum terlihat selama pembelajaran dikarenakan siswa merasa bingung dan kurang semangat dalam pembelajaran, karena belum terbiasa dengan metode yang diterapkan oleh guru, ada beberapa siswa terlihat pasif dalam pelaksanaan pembelajaran. Siswa kurang berani menjawab pertanyaan guru, hanya siswa tertentu terlihat aktif. Berdasarkan data tersebut maka penelitian tindakan kelas ini perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dari keseluruhan jumlah siswa 22 orang dengan presentase 90,9%. Berdasarkan data hasil belajar siswa tersebut maka jelas bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas V

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...