Jambura Elementary Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika

Asni Ilham (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)
Nurmala Danial (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Talaga Jaya dengan menggunakan teknik sampling Jenuh. Data penelitian berupa data hasil belajar diperoleh melalui instrument pre test dan pos test berupa 10 soal pilihan ganda. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttet Design. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t mendapatkan nilai sebesar -14,916, nilai pada taraf signifikan 5% dk = n-1 (20-1= 19) dengan menggunakan uji dua pihak maka diperoleh sebesar 2.093. Bila harga jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika reaslitik terhadap hasil belajar maematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo diterima. Berdasarkan perhitungan ternyata t hitung -14,916 jatuh pada penerimaan Ha atau penolakan Ho. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...