Jambura Elementary Education Journal
Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020

Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Pembelajaran IPA Kelas V SD

Isnanto (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)
Gamar Abdullah (Unknown)
Ulin M.A. Hariah (UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap perbaikan desain. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah kondisi objektif instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 32 Kota Selatan? (2) bagaimanakah instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA yang akan dikembangkan di kelas V SDN 32 Kota Selatan? dan (3) bagaimanakah kelayakan insrtuman penilaian psikomotor yang telah dikembangkan di SDN 32 Kota Selatan?. Objek dalam penelitian ini adalah Instrumen Penilaian Psikomotor pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 32 Kota Selatan. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Produk yang dihasilkan oleh peneliti dalam penelitian pengembangan ini berupa produk instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 32 Kota Selatan, yang didalamnya memuat sampul buku, kata pengantar, daftar isi, petunjuk Penggunaan, pembatas KD, lembar kerja peserta didik, instrumen penilaian, rubrik penilaian, portofolio dan daftar pustaka. Hasil penelitian pengembangan tersebut divalidasi oleh ahli materi dan memperoleh skor hasil validasi 85,71 dan untuk ahli media memperoleh skor 96,47. Hasil rekapitulasi skor validasi dari 2 validator memperoleh skor keseluruhan 91,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA yang dikembangkan sangat layak digunakan serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...