Jambura Elementary Education Journal
Vol 3 No 1 (2022): VOLUME 3 NOMOR 1 TAHUN 2022

PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V MI ALMOURKY TELAGA (pada materi sistem gerak manusia, sistem pernapasan manusia dan sistem pencernaan manusia)

Yasmin Hapulu (PGSD FIP)
Gamar Abdullah (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Isnanto Isnanto (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Permasalahan penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah kondisi objektif panduan praktikum IPA di kelas V MI AlMourky Telaga? (2) Bagaimanakah pengembangan panduan praktikum IPA model Project Based Learning di Kelas V MI AlMourky Telaga yang akan dikembangkan? (3) Bagaimanakah Validitas panduan praktikum IPA model Project Based Learning di kelas V MI Almourky Telaga yang telah dikembangkan? Penelitian ini tergolong jenis penelitian R&D (Research and Development), yang diadaptasi dari Sugiyono terdiri dari 10 tahapan, namun pada tahap ini peneliti batasi sampai pada tahap perbaikan desain, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Al-Mourky Telaga yang berjumlah 24 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. dari hasil uji validator Panduan Praktikum IPA memperoleh hasil rekapitulasi skor 93,12. yang terdiri dari hasil validator ahli media memperoleh skor 93,10, untuk ahli materi memperoleh skor 89,74 dan untuk praktisi memperoleh 96,52. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum IPA model Project Based Learning yang dikembangkan sangat layak dan dapat dilanjutkan kepada tahap selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...