Jambura Elementary Education Journal
Vol 4 No 1 (2023): VOLUME 4 NOMOR 1, JUNI TAHUN 2023

Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Benda Bahasa Gorontalo Melalui Model Consept Sentence Pada Siswa Kelas III SDN 3 Kota Barat

Susanto Yasin (susantoyasin8@gmail.com)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

SUSANTO YASIN. 2021. Meningkatkan kemampuan menulis kata benda Bahasa Gorontalo melalui model Consept Sentence pada siswa kelas III SDN 3 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model Consept Sentence kemampuan menulis kata benda Bahasa Gorontalo pada siswa kelas III SDN 3 Kota Barat dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata benda Bahasa Gorontalo melalui model Consept Sentence pada siswa kelas III SDN 3 Kota Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yakni siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis dalam Bahasa Gorontalo masih dalam kategori rendah. Hal ini berdasarkan obseravasi awal menunjukan bahwa yang mampu menulis dalam Bahasa Gorontalo berjumlah 6 siswa dengan presentase 30% dari 20 jumlah siswa. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan mengunakan model Consept Sentence. Dari hasil pengamatan setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I, terjadi peningkatan menjadi 9 siswa dengan presentase 45% yang mampu, kemudian pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 13 siswa atau 65%, sedangkan pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan kembali mencapai 17 siswa atau 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Consept Sentence sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kata benda Bahasa Gorontalo di kelas III SDN 3 Kota Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...