Jambura Elementary Education Journal
Vol 4 No 2 (2023): VOLUME 4 NOMOR 2, DESEMBER TAHUN 2023

Analisis Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Prototipe

Muhammad Nur Huda (University of the Immaclate Conception)
YUNIA RISKI (Sekolah Indonesia Davao)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Kebijakan pengembangan kurikulum di sekolah dasar telah beberapa kali dilakukan sepanjang sejarah Indonesia. Pada pandemi COVID-19 Kurikulum Darurat diluncurkan dengan memangkas kompetensi dasar yang tidak terlalu esensial. Di samping itu Konsep Kurikulum Prototipe yang dianggap sebagai cikal bakal Kurikulum Merdeka juga menjadi opsi untuk diterapkan di satuan pendidikan. Kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan menggunakan pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau karya tulis ilmiah untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Kurikulum 2022 istilah KI dan KD akan diganti capaian pembelajaran (CP) yang merupakan rangkaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai suatu kesatuan proses untuk mengembangkan kompetensi yang utuh bagi siswa. Selain itu peserta didik diharapkan memiliki profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, serta kreatif. Kegiatan pembelajaran peserta didik juga diberikan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) artinya peserta didik dapat dikelompokkan berdasarkan fase perkembangan bukan lagi kelas. Adapun kegiatan pembelajaran lebih ditekankan pada model pembelajaran pembelajaran berbasis projek atau dikenal PjBL (Project Based Learning).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...