Hasil belajar tari marupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran tari. Hasil belajar pengetahuan tari siswa menunjukkan sejauh mana pemahaman dan wawasan siswa terhadap pengetahuan tari. Berbagai macam metode pembelajaran yang diterapkan untuk ketercapaian hasil belajar yang maksimal, salah satunya penerapan metode Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses dan hasil penerapan metode Course Review Horay untuk meningkatan hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VII SMP di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus memiliki 4 langkah, terdiri dari Perencanaan, Implementasi, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner, tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Haberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata pada siklus 1 kemampuan kognitif yaitu sebesar 62,78 (55,56%), dan siklus kedua nilai rata-rata sebesar 75,97 (77,78). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa hasil belajar pengetahuan tari dapat meningkat dengan penerapan metode course review horay. Implikasi dari penelitian ini hasil belajar pengetahuan tari dipengaruhi oleh faktor yang lain, sehingga penelitian berikutnya dapat dilanjutkan dengan menggunakan faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan tari.
Copyrights © 2020